Resep Menciptakan Sayur Jantung Pisang Kuliner Tradisional Indonesia

Resep Menciptakan Sayur Jantung Pisang Kuliner Tradisional Indonesia

Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia - Memang tidak banyak orang yang mengetahui ihwal jantung pisang . apalagi kalau di olah menjadi masakan yang enak dan yummy . namun sebelum kita membahas ihwal masakan yang terbuat dari jantung pisang . kali ini akan membahas terlebih dahulu manfaat apa saja yang sanggup kita peroleh dari jantung pisang .

Pertama dari buah pisang nya sendiri , buah pisang ialah salah satu buah yang banyak disukai oleh semua kalangan masyarakat luas . mengandung banyak kalori yang baik bagi badan sehingga buah pisang sangat diminati oleh anak kecil hingga orang remaja . namun tidak hanya pada buahnya saja yang mempunyai nilai gizi yang baik bagi badan . namun jantung pisang nya sendiri ternyata juga mempunyai kandungan gizi yang cukup bermanfaat bagi badan .

Bagaimana tidak ? alasannya setiap 25 gram jantung pisang nya saja sudah mengandung 31 kalori , 0,3 gram lemak , 1,2 gram protein dam 7,1 gram karbonhidrat . ternyata tidak hanya itu saja , jantung pisang yang biasa nya diabaikan dan kadang di buang ini ternyata juga mempunyai kandungan vit A , vit B , vit C dan mineral ( fosfor , kalsium , zat besi ) . wow , ternyata kandungan yang terdapat pada jantung pisang sendiri sangat bermanfaat sekali bagi badan kita yah ?

Nah untuk anda yang mempunyai pohon pisang dirumah kalau pohonnya berbuah jangan buang jantung pisang nya yah . alasannya selain mempunyai banyak kandungan vitamin yang baik bagi badan , jantung pisang juga sanggup di olah menjadi masakan rumahan yang enak dan istimewa . dari abon jantung pisang , gulai , sayur lodeh , atau tumis sayur jantung pisang yang akan bagikan kali ini . 

Memiliki rasa yang enak , yummy dan empuk menyerupai daging ini memang cocok dihidangkan sebagai santap siang atau makan malam . anda sanggup padukan dengan goreng ikan asin beserta sambal terasi semoga lebih makyus . uhh , nyam-nyam keluarga dirumah niscaya akan menyukai sayur jantung pisang yang anda buat dirumah . nah untuk lebih terperinci nya dari bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan simak artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia

Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia

Bahan-bahan Sayur Jantung Pisang :

  • 1 buah jantung pisang
  • 500 mili liter santan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas ( dimemarkan )
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Secukupnya air

Bumbu-bumbu Halus Sayur Jantung Pisang :

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 ruas kencur
  • 8 buah cabe rawit
  • 2 buah cabe besar
  • Gula pasir 1 snedok teh
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Sayur Jantung Pisang :

  1. Pertama-tama buang bab luar jantung pisang , diambil bab yang mudanya saja kemudian dicuci higienis .
  2. Setelah itu masak air hingga mendidih , kemudian masukkan jantung pisang yang sudah dipotong-potong , masak hingga matang .
  3. Kemudian tumis bumbu halus yang sudah anda siapkan tadi hingga bacin , kemudian masukkan rebusan jantung pisang nya .
  4. Terakhir masukkan santan , daun jeruk beserta lengkuas , kemudian masak hingga matang .
  5. Boleh cicipi , tambahkan kalau ada yang kurang berdasarkan selera . sajikan selagi hangat .

Setiap pohon pisang memang niscaya menghasilkan jantung pisang ketika pohon berbuah . namun pilihlah jantung pisang yang enak kalau di olah menjadi kuliner atau masakan . menyerupai pada jantung pisang yang terdapat pada jenis pisang kepok atau pisang klutuk . alasannya kalau di olah dengan baik dan benar akan menghasilkan kuliner atau masakan yang sangat enak dan special .

Selain menjadi kuliner atau masakan yang enak dan special ternyata kandungan gizi dan vitamin pada jantung pisang yang sebutkan tadi diatas sanggup dijadikan sebagai kuliner atau masakan bagi orang yang sedang menjalani diet . mempunyai kandungan lemak yang rendah , dan menawarkan rasa kenyang yang lebih usang dibandingkan dengan mengkonsumsi nasi memang sangat cocok dikonsumsi sebagai hidangan diet . apalagi kandungan fiber pada jantung pisang juga sangat berkhasiat bagi pencernaan badan . nah untuk para penderita diabetes , jantung pisang juga baik kalau mereka konsumsi .

Karena jantung pisang terdapat indeks glemik ( GI ) yang rendah , sehingga sangat baik bagi penderita diabetes . Selain itu , jantung pisang juga sanggup meminimalisir resiko serangan penyakit jantung dan stoke . dan tak hanya berhenti hingga disitu saja bun atau sist , ternyata jantung pisang juga sanggup memperlancar siklus dan penggumpalan darah pada badan . sudah enak , sedap , yummy dan nikmat sangat baik bagi kesehatan lagi .

Pokoknya anda harus mencoba menciptakan sayur jantung pisang ini dirumah , keluarga tercinta niscaya akan suka alasannya mempunyai rasa enak dan yummy . sangat cocok kalau dihidangkan sebagai hidangan hidangan selingan keluarga atau bahkan sebagai hidangan vaforit keluarga . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia ini . buka juga infromasi-informasi resep masakan lainnya menyerupai Resep Membuat Soto Sokaraja Banyumas Asli Lezat yang patut anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

0 Response to "Resep Menciptakan Sayur Jantung Pisang Kuliner Tradisional Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel