Resep Menciptakan Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah

Resep Menciptakan Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah

Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah - Berbicara soal lanting , apakah anda salah satu penyuka lanting ? salah satu masakan yang khas dari kebumen ini memang cukup menarik dan enak . mempunyai rasa gurih renyah menciptakan lanting menjadi salah satu masakan yang cukup populer dimana-dimana . dari kota kebumen dan sekitarnya ataupun luar kota tentunya mereka tahu akan lanting .

Bahkan lanting khas kebumen yang mempunyai bentuk bundar ibarat angka delapan atau bulatan kecil ini biasa menjadi buah tangan bagi warga kebumen dan sekitarnya yang kini berada diluar kota . jadi jangan heran lagi jikalau anda berkunjung ke kota kebumen atau mempunyai saudara dikota kebumen anda akan menerima buah tangan lanting yang mempunyai rasa enak dan gurih ini . kota kebumen memang secara umum dikuasai menjadi warga yang berpenghasilan dari produksi lanting , dan yang paling populer berada di kawasan karang anyar kebumen . 

selain di kota kebumen , lanting juga sangat populer di kabupaten banyumas . namun perbedaannya terletak pada bentuk lantingnya . alasannya yakni lanting banyumas mempunyai bentuk yang lebih tebal dibanding lanting khas kebumen yang lebih tipis dan kecil . namun yang dihasilkan sama-sama enak dan gurih , dan lanting atau klanting sapaan akbrab lanting banyumas ini sangat enak jikalau dinikmati dengan soto sokaraja .

Rasa enak dan segar dari soto sokaraja akan menjadi tambah makyus disetiap gigitnya jikalau dipadukan dengan lanting atau klanting banyumas . oh iya selain populer sebagai masakan ringan dikala berkumpul dengan keluarga atau teman yang asyik dikala nonton tv . ternyata lanting khas kebumen juga sangat enak dan enak jikalau dijadikan sebagai teman lauk sebagai pengganti kerupuk . jadi untuk anda dirumah tidak ada salah nya jikalau sesekali anda mengganti kerupuk dengan lanting biar lebih variasi . 

Biasanya lanting khas kebumen dijual perkiloan , setengah kiloan atau seperempat kiloan , tergantung ukuran plastiknya . Harga yang ditawarkan dari lanting khas kebumen sendiri juga sanggup terbilang murah dan hemat . alasannya yakni dengan sepuluh ribu rupiah hingga dua puluh ribu rupiah saja anda sudah sanggup menikmati enaknya lanting khas kebumen . namun anda tidak harus jauh-jauh kekota kebumen untuk menikmati lanting , anda cukup siapkan materi dan ikutin cara pembuatannya ibarat resep lanting khas kebumennya ibarat dibawah ini biar anda sanggup membuatnya dirumah .

Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah

Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah

Bahan-bahan Lanting Khas Kebumen :

  • 1 kilo gram singkong
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • Secukupnya garam
  • Pewarna masakan ( jikalau suka )
  • Minyak goreng ( dipakai untuk menggoreng )

Cara Membuat Lanting Khas Kebumen :

  1. Pertama-tama haluskan semua bumbu menjadi satu , kemudian sisihkan .
  2. Kupas singkong kemudian bersihkan dari kotorannya kemudian rendam selama kurang lebih 1 jam . sehabis itu kukus singkong yang sudah higienis selama kurang lebih 1 jam . angkat , haluskan .
  3. Setelah itu campurkan singkong yang sudah dihaluskan dengan bumbu lanting yang sudah dihaluskan tadi , kemudian uleni hingga rata .
  4. Ambil sedikit adaonan kemudian pilin menjadi bentuk tali . jikalau ada , anda sanggup memakai mesin giling untuk membentuknya biar lebih simpel . sehabis itu bentuk menjadi angka delapan atau bundar kecil .
  5. Jika sudah jemur lanting dibawah sinar matahari hingga kering ( selama 1 hari jikalau tidak hujan )
  6. Terakhir goreng lanting dengan minyak goreng hingga berwarna kuning kecoklatan . angkat , kemudian tiriskan .

Selesai , cukup gampang bukan dalam pembuatan lanting khas kebumennya ? bahan-bahan yang diharapkan juga cukup gampang didapat dan terjangkau . hanya memang prosesnya yang cukup usang terutama pada dikala menjemur gabungan lantingnya . gabungan pun harus dijemur hingga benar-benar kering biar balasannya enak , gurih , renyah dan memuaskan . 

Nah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah ini dirumah . anda sanggup menambahkan warna merah dan kuning di gabungan lanting biar warnanya manis dan bervariasi . namun jikalau anda tidak suka memakai pewarna masakan , anda tidak perlu menggunakannya , cukup polos saja balasannya juga sudah enak dan manis . buka juga gosip aneka masakan ringan lainnya ibarat Resep Membuat Rengginang Enak Renyah Makyus yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

0 Response to "Resep Menciptakan Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel