Resep Menciptakan Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap

Resep Menciptakan Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap

Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap - Kota madura yaitu salah satu pulau kecil diindonesia yang erat bahkan hampir bergabung dengan pulau jawa . kota madura lebih cenderung masuk ke dalam tempat atau provinsi jawa timur . dikala kita berbicara kota madura tentunya anda akan eksklusif terlintas akan gaya bahasa madura yang sanggup dibilang cukup unik dan menarik . namun selain bahasanya yang sangat populer diindonesia , dikota madura sendiri juga ada salah satu kulinernya yang sangat populer dimasyarakat luas yaitu sate ayam madura .

Ngomong-ngomong soal sate , apakah anda salah satu penggemar sate madura ini ? kalau anda penggembar dari sate tentunya anda sudah tidak aneh lagi dengan rasa khas yang terdapat pada sate madura bukan ? sate madura memang mempunyai bentuk dan penyajian yang sama menyerupai pada sate-sate lain pada umumnya . yaitu daging yang di potong kecil-kecil kemudian ditusuk dengan tusuk sate kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap .

Namun disini yang membuat sate madura berbeda dengan sate-sate lainnya yaitu terdapat perbedaan dalam bumbu kacangnya . menggunakan bumbu yang khas dan masih fres membuat bumbu kacang sate madura mempunyai rasa yang enak dan gurih . apa lagi menggunakan rempah-rempah air jeruk yang masih segar sehingga membuat bumbu kacang yang enak dan segar pula . rasa enak dan gurih nikmat nya sangat pas dan tidak membuat perut eneg atau mual .

Memang aneka macam aneka dan kreasi sate-sate yang dijual diseluruh wilayah indonesia . namun begitu enak dan yummy nya sate ayam madura ini membuat sate ayam madura sangat diminati oleh masyarakat sehingga mempunyai banyak penggemar . sate ayam bumbu khas madura orisinil sedap ini biasa nya disajikan dengan ketupat atau lontong yang dipotong-potong kemudian diberi perasan air jeruk diatas biar lebih segar . namun selain ketupat atau lontong sate ayam madura sendiri juga sangat enak kalau disajikan dengan nasi putih dan masakan lainnya .

Seperti pada nasi goreng sate , nasi uduk sate , nasi kuning sate atau lain sebagainya berdasarkan selera . sate madura sendiri memang sanggup dibilang kuliner yang cukup hemat . alasannya yaitu dengan lima belas ribu hingga dua puluh lima ribu rupiah saja kita sudah sanggup menikmati sedap nya sate ayam madura . walaupun hemat namun tidak ada salah nya kalau anda membuat sate ayam madura sendiri dirumah dengan bahan-bahan dan bumbu yang akan kami bagikan menyerupai dibawah ini . 

Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap

Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap

Bahan-bahan Sate Ayam Khas Madura Sedap :

  • Ayam 1 kilo gram ( tanpa tulang dan kulitnya )
  • Kecap anggun 125 mili liter
  • Jeruk limau 2 buah

Bahan-bahan Bumbu Kacang sate Khas Madura Sedap :

  • Bawang putih 4 siung
  • Kecap anggun 125 mili liter
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Air 500 mili liter
  • Garam secukupnya
  • Kacang tanah 250 gram ( digoreng hingga matang )
  • Cabai merah atau rawit 2 buah
  • Bawang Merah 5 butir

Cara Membuat Bumbu Kacang Sate Khas Madura Sedap :

  1. Haluskan bawang merah , garam , kacang tanah , bawang putih dan cabe merah yang sudah disiapkan tadi .
  2. Kemudian tumis sebentar kemudian tambahkan kecap , daun jeruk dan air . masak hingga matang hingga mengeluarkan minyak dan tercium aroma bacin yang sedap .
  3. Angkat kemudian sisihkan .

Cara Membuat Sate Ayam Khas Madura Sedap :

  1. Pertama-tama potong daging ayam menjadi bentuk dadu kemudian tusuk dan susun pada bacokan sate .
  2. Kemudian lumuri sate ayam dengan kecap anggun yang telah ditambahkan sedikit bumbu kacang yang sudah anda buat tadi hingga permukaannya rata dengan bumbu .
  3. Langkah selanjutnya bakar sate hingga matang , sambil terus dibolak balik dan lumuri sate dengan bumbu kecap , angkat .
  4. Anda sanggup sajikan sate ayam dengan bumbu kacang yang diberi perasaan jeruk limau dan lontong . Selesai 

Jika anda suka , anda sanggup menambahkan bawang goreng diatas bumbu kacang yang sudah melumuri sate yang anda masak tadi . kemudian anda juga sanggup menambahkan irisan tomat yang dipotong kecil-kecil dan cabe rawit yang dipotong kecil-kecil juga kalau bumbu dirasa kurang pedas . kemudian tambahkan juga acar atau bawang merah yang dipotong-potong kecil biar lebih sedap makyus . hmmm nyumiiii , keluarga tercinta niscaya menyukai sate ayam bumbu kacang khas madura yang anda buat dirumah .

Wow , selain enak ternyata dalam pembuatan sate dan bumbunya sanggup dibilang sangat gampang yah . resep sate ayam bumbu kacang khas madura orisinil sedap ini dibentuk untuk 40 tusuk sate . so , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap ini dirumah . buka juga info resep masakan lainnya yang tak kalah enak nya menyerupai Resep Membuat Sayur Daun Singkong Special Ebi yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

0 Response to "Resep Menciptakan Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel