Resep Menciptakan Coto Makassar Special Enak Lezat

Resep Menciptakan Coto Makassar Special Enak Lezat

Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat - Dingin nya kota bogor menciptakan pengecap ingin menikmati hangat nya kuliner enak yang berkuah hangat nan enak . apa itu ? semacam bakso kah ? atau soto kah ? apapun itu tentunya pada ekspresi dominan hambar menyerupai ini , kuliner atau masakan hangat yang enak ialah salah satu harapan bagi setiap orang . berbicara perihal kuliner yang enak dan berkuah apakah anda juga menyukainya ?

Tiba-tiba Saya jadi teringat dongeng teman aku bang agus yang berasal dari kota bima kalau tidak salah yang terletak di nusa tenggara timur . ia lagi kangen sekali dengan coto makassar . yup , kuah yang hangat , segar dan nikmat pada coto makassar memang bisa menghangatkan badan pada ekspresi dominan hambar menyerupai ini . beberapa kali kebelakang ia pernah mengajak aku untuk menikmati coto makassar . 

Saya rasa-rasa dan ketika aku nikmati , ternyata coto makassar itu rasa nya tidak jauh dengan soto betawi . menggunakan kuah segar , irisan daging sapi dan beberapa sayuran ialah isi yang ada dalam coto makassar . cuman berbedanya bila coto makassar orisinil , biasanya daging menggunakan daging kuda orisinil bukan daging sapi menyerupai pada coto makassar yang beredar kota-kota besar indonesia . dan dalam penyajian nya juga menggunakan mangkok yang kecil bukan mangkok yang sering digunakan soto-soto pada umumnya .

Coto orisinil makassar bisanya di bandrol dengan harga tiga puluh lima ribu hingga empat puluh lima ribu rupiah . memang cukup tidak mengecewakan mahal untuk sekelas aku hhihiiii , yah mungkin sebab daging kuda nya yang mahal sebab sulit dicari . dengan demikian mungkin itu salah satu alasan coto khas makassar yang beredar di kota-kota lain nya menggunakan daging sapi sebagai penggantinya . daging sapi yang enak dan empuk tidak kalah enak nya dengan daging kuda , jadi tidak akan mengurangi enak nya coto makassar .

Coto makassar sangat enak bila dinikmati dengan nasi putih hangat atau ketupat ketika siang hari sebagai sajian santap makan siang . selain itu , coto makassar sendiri juga sangat enak bila dinikmati dimalam hari , apa lagi ketika ekspresi dominan hambar menyerupai ini . nah untuk anda dirumah yang orisinil dari kota makassar dan lagi kangen nikmatnya coto makassar menyerupai kakak agus . anda sanggup mencoba menciptakan coto makassar ini dirumah , apa lagi akan membagikan bahan-bahan dan cara pembuatannya sehingga sanggup mempermudah anda untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah .

Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat

Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat

Bahan-bahan Coto Makassar Special Enak Lezat :

  • Daging sapi 1 kilo gram ( pakai yang potongan sengkel ) sengkel merupakan potongan daging sapi yang empuk , menyerupai dibagian paha 
  • Air cucian beras 2 liter 
  • Serai 5 batang ( dimemarkan )
  • Daun salam 5 lembar
  • Kacang tanag 250 gram ( goreng , tumbuk kemudian haluskan )
  • Minyak goreng 3 sendok makan ( untuk menumis )
  • Jahe 5 centi meter ( di memarkan )
  • Lengkuas 1 ruas ( di memarkan )
  • Selain daging sapi , anda juga sanggup menambahkan potongan lainnya , menyerupai hati , jantung , otot , maupun jeroan yang direbus , tergantung selera masing-masing .

Bumbu Halus Coto Makassar Special Enak Lezat :

  • Bawang putih 10 siung
  • Kemiri 8 butir ( disangrai )
  • Ketumbar sangrai 1 sendok makan
  • Jintan 1 sendok teh ( disangrai )
  • Garam 1 sendok makan
  • Merica butiran 1 sendok teh

Bahan Pelengkap Coto Makassar Special Enak Lezat :

  • Bawang goreng
  • Irisan daun bawang
  • Irisan seledri

Cara Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat :

  1. Pertama-tama bagi anda yang menggunakan jantung , hati atauoun jeroan , siapkan panci terpisah dengan daging sapi , bila anda ingin daging makin empuk anda sanggup menggunakan panci presto . sesudah matang , potong-potong menjadi bentuk dadu .
  2. Kemudian untuk daging sapinya , anda harus merebusnya berasa air cucian beras , serai , lengkuas , jahe dan daun salam . sesudah daging terasa matang angkat , tiriskan kemudian dipotong dadu .
  3. Selanjutnya panaskan minyak , tumis bumbu halus yang sudah anda siapkan tadi hingga busuk .
  4. Lalu masukkan tumisan bumbu tersebut ke dalam kaldu , jangan lupa tambahkan juga kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan , kemudian tunggu hingga kaldu mendidih .
  5. Setelah semua proses tanggapan , coto makassar siap disajikan .

Cara Penyajian Coto Makassar Special Enak Lezat :

  1. Pertama-tama siapkan mangkuk saji , masukkan irisan daun bawang, seledri dan sedikit garam ( sanggup berdasarkan selera ) . tambahkan vetsin bila suka
  2. Selanjutnya masukkan potongan daging , jantung , hati maupun jeroan ( berdasarkan selera anda ) kedalam mangkok saji .
  3. Kemudian ambil air kaldu kemudian tuangkan kedalam mangkok saji berdasarkan selera anda .
  4. Setelah semua dirasa sudah siap , taburi bawang goreng , kecap , dan perasan air jeruk nipis ( sesuai selera ) semoga lebih segar , enak dan enak .
  5. Sajikan selagi hangat , lebih nikmat lagi bila anda menikmatinya dengan ketupat atau nasi hangat berdasarkan selera .

Selesai , anda sanggup menambahkan sambal untuk menikmati coto makassarnya . rasa yang enak , enak dan makyus dengan bumbu yang pas dan daging yang empuk sangat cocok bila disajikan sebagai hidangan selingan atau sajian special untuk keluarga tercinta dirumah . selain enak bahan-bahan dan pembuatannya coto makassar sendiri juga sangat gampang dan tidak sulit . jadi silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat ini dirumah . buka juga isu resep-resep masakan lainnya menyerupai Resep menciptakan Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap yang wajib anda buat juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

0 Response to "Resep Menciptakan Coto Makassar Special Enak Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel