Resep Menciptakan Camilan Anggun Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia

Resep Menciptakan Camilan Anggun Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia

Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia - Kue putu aren bambu yaitu salah satu camilan manis tradisional indonesia yang ketika ini hampir punah . alasannya yaitu sudah jarang sekali kita sanggup temui penjual yang menjajakan camilan manis putu aren bambu ini . padahal camilan manis putu aren bambu sangat lezat , mempunyai tekstur yang lembut dan lumer didalam dengan isian gula aren . sangat lezat dan nikmat sekali kalau dinikmati selagi hangat .

Anda sanggup menikmati camilan manis putu aren bambu dengan teh hangat , coffe atau aneka minuman lainnya berdasarkan selera anda . rasa yang lezat , nikmat dan manis lumeran gula aren didalam camilan manis putu aren bambu menciptakan ekspresi tidak ingin berhenti untuk menikmatinya . anyir yang khas dan rasa yang nikmat memang sangat menarik hati sekali . camilan manis putu aren bambu salah satu camilan manis tradisional indonesia yang sangat lezat dan asyik sebagai teman bersantai pada waktu pagi dan sore hari .

Anda sanggup menikmati camilan manis putu aren bambu ketika anda berkumpul dengan keluarga ketika nonton tv atau program lainnya . ibarat program keluarga , program khajatan dan lain sebagainya . di perdesaan camilan manis putu aren bambu terkadang disajikan sebagai salah satu camilan manis untuk menyambut tamu ketika program khajatan . rasanya hampir sama dengan camilan manis putu ayu , hanya yang membedakan disini yaitu isian gula aren pada camilan manis putu aren bambu yang lumer didalam .

Tampilan camilan manis putu ayu dan camilan manis putu aren bambu memang hampir sedikit ibarat . alasannya yaitu sama-sama mempunyai warna hijau anggun dengan taburan parutan kelapa yang nikmat . namun lagi-lagi perbedaan camilan manis putu ayu dan camilan manis putu aren bambu yaitu isian di dalam camilan manis putu aren bambu sendiri . namun tetap sama-sama nikmat dan menarik hati sekali , hmmm nyumi .

Nah apakah anda mulai tertarik dengan camilan manis putu aren bambu , dan berniatan untuk membuatnya dirumah ? namun kendalanya anda tidak tahu bahan-bahan dan cara pembuatan camilan manis putu aren bambu salah satu camilan manis traidisional indonesia ini ? kalau iya , anda sempurna sekali membuka resep camilan manis putu aren bambu yang akan kami bagikan kali ini . alasannya yaitu kami akan membahas tuntas perihal camilan manis putu aren bambu dari bahan-bahan dan cara pembuatannya ibarat diberikut ini .

Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia

Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia

Bahan-bahan Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia :

  • Tepung beras 800 gram
  • Air 600 mili liter
  • Daun pandan 6 lembar
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula merah 250 gram ( disisir terlebih dahulu )

Bahan Taburan Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia :

  • Kelapa setengah renta tanpa kulit 300 gram ( diparut )
  • Garam 1 sendok teh
  • Campur kelapa dan garam kemudian kukus hingga matang .

Cara Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia :

  1. Pertama-tama yang anda harus lakukan yaitu campur air dengan garam dan daun pandan . rebus hingga mendidih , angkat , kemudian biarkan semoga menjadi hangat .
  2. Setelah itu siapkan tepung beras pada sebuah wadah , kemudian masukkan air pandan tersebut dengan bertahap sambil terus di aduk memakai tangan hingga benar-benar rata .
  3. Setelah itu saring gabungan dengan bertahap memakai saringan bergairah hingga gabungan menjadi benar-benar halus .
  4. Masukkan gabungan kedalam cetakan bambu . alasi cuilan bambu dengan cuilan daun pisang atau daun pandan semoga anyir khas .
  5. Lalu lubangi bab tengah gabungan , kemudian beri atau masukkan gula jawa yang sudah diiris-iris tadi secukupnya . kemudian tutupi sisanya dengan gabungan tepung beras hingga cukup penuh , ratakan .
  6. Siapkan panci pengukus , kemudian letakkan cetakan yang sudah berisi gabungan putu dengan posisi bangun . usahakan sempurna berada di atas lubang kukusan . bertujuan semoga matang hingga dalam .
  7. Kukus kurang lebih selama 10 menit , angkat dan keluarkan camilan manis putu aren dari cetakan . sajikan di atas piring saji ( mendatar ) dengan dialasi dengan daun pisang .
  8. Terakhir taburi camilan manis putu aren bambu yang sudah matang dengan parutan kelapa ditambah dengan sedikit gula pasir kalau suka .

Selesai , gunakan batang bambu yang berwarna kuning dengan diameter sekitar empat centi meter , kemudian potong-potong kira-kira sepuluh centi meter kemudian bersihkan . jemur bambu dibawah panas matahari selama beberapa hari hingga siap dipakai . kalau anda kesulitan menemukan cetakan yang terbuat dari bambu ,  anda sanggup memakai cetakan lainnya yang terbuat dari plastik . anda sanggup mencari cetakan plastik camilan manis putu aren ditoko-toko perlengkapan camilan manis yang terdekat dari rumah anda . 

Oke , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia ini dirumah . untuk saran penyajian resep camilan manis putu aren bambu ini untuk enam porsi . kalau anda ingin membuatnya lebih banyak atau lebih sedikit anda tinggal tambahkan atau kurangi saja bahan-bahan yang tersedia dalam resep ini . buka info resep aneka camilan manis lainnya ibarat Resep Membuat Pancake Kacang Merah Dorayaki Kue Doraemon yang patut untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

0 Response to "Resep Menciptakan Camilan Anggun Putu Aren Bambu Tradisional Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel